Halaman

Kamis, 07 Juni 2012

Kegiatan Terstruktur MI Tingkat I KI


KEGIATAN TERSTRUKTUR (KT)

Kompetensi Dasar :
01.01. Mendeskripsikan ilmu mikrobiologi

A.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang tepat !

1.       Ilmu yang mempelajari fungi adalah … .
2.       Ilmu yang mempelajari ganggang adalah … .
3.       Ilmu yang mempelajari mikroba di angkasa luar yaitu … .
4.       Ilmu yang  mempelajari  mikroba yang ada dalam saluran  pencernaan  makanan  hewan  disebut … .
5.       Ilmu yang mempelajari mikrobiologi untuk kepentingan ilmu itu sendiri disebut … .
6.       Ilmu yang mempelajari cara pewarisan sifat induk kepada keturunan mikroba disebut … .
7.       Masalah bagaimana dan dari mana asal kehidupan dikenal pula dengan sebutan masalah … .
8.       Masalah mengapa  dan bagaimana  suatu penyakit dapat menular dikenal dengan istilah masalah … .
9.       Masalah bagaimana luka bisa membengkak dan bernanah dikenal pula dengan istilah … .
10.    Metode isolasi, pembuatan preparat dan identifikasi mikroba ditemukan oleh … .
11.    Teknik pewarnaan mikroba ditemukan oleh … .
12.    Sistem filter mikroba ditemukan oleh … .
13.    Doktrin Generatio Spontanea dicetuskan oleh … .
14.    Hewan yang ditemukan A. van Leuwenhoek disebut … .
15.    Doktrin Fransisco Redi dalam bahasa Latin berbunyi … .
16.    Doktrin Lazzaro S. dalam bahasa Latin berbunyi … .
17.    Percobaan yang  mengalirkan asam pekat  ke dalam tabung  dilakukan  oleh … .
18.    Percobaan yang memakai pemanasan dilakukan oleh … .
19.    Percobaan yang memakai kapas steril dilakukan oleh … .
20.    Percobaan Louis Pasteur berhasil menumbangkan faham abiogenesis karena … .

B.     Pasangkan angka dengan huruf !


NOMOR
HURUF
1. Abiogenesis
A. 1910 – sekarang
2. Antonie van Leuwenhoek
B. Daging  dalam  stoples (dibuka, ditutup  kasa, ditutup rapat)
3. Aristoteles
C. Ruang bebas debu
4. Bakteriolitik
D. Kelompok  sel    hasil pertumbuhan mikroba
5. Bakteriostatik
E. Zat yang dapat meracuni bakteri
6. Fermentasi ditinjau dari segi fisiologis
F. Fermentasi yang melibatkan mikroba sebagai mahkluk hidup
7. Fermentasi sebagai proses biologis
G. Semua kehidupan dari telur
8. Fikologi
H. Mempelajari yang mikroba di atas Troposfer
9. Fransisco Redi
I. Asam pekat
10. Franz Schultze
J. Infusoria
11. H. Schroeder dan Th. Von Dusch
K. Kaldu dalam labu (dibuka, ditutup)
12. John Tyndall
L. Kapas steril
13. Kehidupan anaerob
M. Kehidupan tanpa oksigen
14. Koloni
N. Pertumbuhan  sel  yang pembelahannya bersamaan tapi kecepatan pertumbuhan tidak sama
15. Lazzaro Spallanzani
O. Pemanasan
16. Louis Pasteur
P. Pipa leher angsa
17. Metode HTST
Q. Mematikan    mikroba dengan suhu 71,7oC selama 15 detik
18. Metode LTH
R. Mematikan   mikroba dengan suhu 62,8oC selama 30 menit
19. Mikrobiolofi dasar
S. Biokimia mikroba
20. Mikrobiologi ET (Ekstra Terrestrial0
T. Mikrobiologi Sanitasi
21. Mikrobiologi terapan
U. Mempelajari  mikroba  di bawah Troposfer
22. Mikrobiologi Udara
V. Ilmu tentang ganggang
23. Omne vivum ex ovo
W. Penentuan penyakit yang disebabkan virus
24. Periode Modern
X. Jaman pra sejarah – 1850
25. Periode  Spekulasi  dan Perintisan
Y. Zat yang dapat menghambat pembiakan bakteri
26. Pertumbuhan yang sinkron
Z. Fermentasi adalah proses pemecahan senyawa organik
27. Postulat Koch
AA. Penentuan penyakit yang disebabkan bakteri Anthrax
28. Postulat River
AB. Mahkluk hidup berasal dari benda tak hidup
29. Supurasi
AC. Tikus dari sekam
30. Theodor Schwann
AD. Luka yang membengkak dan bernanah

C.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

  1. Jelaskan periodisasi ilmu mikrobiologi ! (skor 10)
  2. Apa perbedaan mikrobiologi industri dan mikrobiologi kesehatan ? (skor 10)
  3. Mengapa periode spekulasi dan perintisan berlangsung sangat lama ? (skor 10)

Kompetensi Dasar :
01.02. Mengidentifikasi pertumbuhan mikroba

A.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang !
1.       Media adalah … .
2.       Media selektitif adalah …
3.       Media yang dipakai untuk menumbuhkan mikroba tertentu serta sifat-sifatnya disebut … .
4.       Media yang digunakan untuk pengujian senyawa atau benda tertentu dengan bantuan mikroba disebut … .
5.       Media yang digunakan untuk menumbuhkan satu atau lebih kelompok mikroba disebut … .
6.       Media kuantitasi adalah … .
7.       Media yang susunan kimianya tidak dapat ditentukan dengan pasti disebut … .
8.       Media  yang  susunan  kimianya  dapat ditentukan dengan pasti disebut … .
9.       Media yang hanya memungkinkan tumbuhnya satu jenis mikroba tertentu sedangkan mikroba lain dihambat atau dimatikan disebut … .
10.    Media yang digunakan untuk mendorong tumbuhnya satu jenis atau sekelompok jenis ikroba yang hidup bersama-sama dalam satu media dnegan menambahkan bahan-bahan tertentu yang bersifat menghambat mikroba yang tidak diinginkan dan memacu mikroba yang diinginkan disebut … .
11.    Media yang sangat kaya zat makanan dan mempunyai susunan bahan yang  hanya  menyuburkan  satu  jenis mikroba  yang  dicari saja disebut … .
12.    Oxgall adalah … .
13.    Kelebihan sterilisasi panas adalah … .
14.    Panas dapat membunuh mikroba dengan cara … .
15.    Panas kering dapat membunuh mikroba dengan cara … .
16.    Proses pembekuan dapat membunuh mikroba dengan cara …
17.    Kelebihan otoklaf adlaah … .
18.    Liofilisasi adalah … .
19.    Inokulasi adalah … .
20.    Tiga cara pengawetan mikroba yaitu … .

B.     Jawablah soal-soal berikut ini !
  1. Sebutkan 5 persyaratan media untuk menumbuhkan mikroba ?
  2. Apa perbedaan media padat dan media semi padat ?
  3. Apa perbedaan pepton, neopepton, fiton, polipepton dan proteose pepton !
  4. Apa perbedaan tryptikase dan triptose !
  5. Apa perbedaan gelatin dan gelisat ?

C.     Kerjakan soal-soal berikut ini !
  1. Buatlah bagan klasifikasi media !
  2. Tuliskan perbedaan 5 jenis sterilisasi panas !
  3. Jelaskan cara membuat media padat !

Kompetensi Dasar
01.03. Melakukan preparasi mikroskopis

A.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang !

  1. Mikroskop adalah … .
  2. Fungsi lensa obyekti disebut … .
  3. Jenis-jenis mikroskop berdasarkan kenampakan obyek yang diamati yaitu … .
  4. Mikroskop optis yaitu … .
  5. Berdasarkan kegiatan pengamatan mikroskop cahaya meliputi … .
  6. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan mikroskop cahaya meliputi … .
  7. Mikroskop diseksi adalah … .
  8. Mikroskop monokuler adalah … .
  9. Mikroskop binokuler adalah  … .
  10. Lima jenis mikroskop riset yaitu … .
  11. Lensa okuler berfungsi untuk … .
  12. Revolver berfungsi untuk … .
  13. Lensa obyektif berfungsi untuk … .
  14. Kondensor berfungsi untuk … .
  15. Reflektor berfungsi untuk … .
  16. TEM adalah … .
  17. STEM adalah … .
  18. SEM adalah … .
  19. ESEM adalah … .
  20. Fungsi minyak imersi adalah … .

B.     Jawablah soal-soal berikut ini !

  1. Apa perbedaan mikroskop electron dan mikroskop fase kontras ?
  2. Apa perbedaan lensa obyektif, lensa okuler dan lensa kondensor dalam mikroskop cahaya ?
  3. Sebutkan 5 jenis mikroskop electron !
  4. Jelaskan cara menghitung perbesaran !
  5. Jelaskan cara menggunakan minyak imersi ?
  6. Jelaskan macam-macam preparat !

Kompetensi Dasar
01.04. Melakukan pewarnaan mikroba

Jawablah soal-soal berikut ini !

1.       Mengapa disebut pewarnaan sederhana (skor : 2)
2.       Mengapa disebut pewarnaan positif ? (skor : 2)
3.       Apa keuntungan  mengamati preparat dengan pewarnaan sederhana ? (skor : 2)
4.       Apa tujuan melakukan fiksasi ? (skror : 2)
5.       Sebutkan  2  macam zat warna yang digunakan untuk pewarnaan sederhana ! (skor : 2)
6.       Apa yang dimaksud pewarnaan negative ? (skor : 3)
7.       Apa nama zat warna yang digunakan dalam pewarnaan negatf ? (skor : 2)
8.       Apa kegunaan metode pewarnaan negative ? (skor : 4)
9.       Sebukan 3 hal yang mempengaruhi keberhasilan pewarnaan negative ! (skor : 6)
10.    Apakah pewarnaan Gram itu ? (skor : 3)
11.    Apa dasar pewarnaan Gram ? (skor : 3)
12.    Jelaskan 2 kelompok mikroba berdasarkan sifatnya terhadap pewarnaan Gram ! (skor : 6)
13.    Mengapa pewarnaan Gram disebut pewarnaan differensial ? (skor : 3)
14.    Tuliskan bagian-bagian mikroskop dengan fungsinya ! (skor 10)

Kompetensi Dasar
01.05. Mengklasifikasikan mikroba
A.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang !
  1. Dasar klasifikasi alami adalah … .
  2. Tokoh klasifikasi alami yaitu  … .
  3. Tokoh klasifikasi buatan yaitu … .
  4. Tiap tingkatan dalam klasifikasi mahkluk hidup disebut … .
  5. Dasar sistem klasifikasi filogenik adalah … .
  6. Tiga jenis domain dalam sistem klasifikasi domain yaitu … .
  7. Dalam  sistem  klasifikasi 2 kingdom,  kingdom  Plantae  memiliki ciri-ciri … .
  8. Dalam  sistem klasifikasi 2 kingdom,   kingdom Animalia memiliki ciri-ciri … .
  9. Ciri kingdom Protista dalam sistem klasifikasi 3 kingdom yaitu … .
  10. Ciri kingdom Plantae dalam sistem klasifikasi 3 kingdom yaitu … .
  11. Ciri kingdom Animalia dalam sistem klasifikasi 3 kingdom yaitu … .
  12. Ciri kingdom Monera dalam sistem klasifikasi 4 kingdom yaitu … .
  13. Ciri kingdom Protista dalam sistem klasifikasi 4 kingdom yaitu … .
  14. Ciri kingdom Protista dalam sistem klasifikasi 5 kingdom yaitu … .
  15. Ciri kingdom Monera dalam sistem klasifikasi 5 kingdom yaitu … .
  16. Ciri kingdom Fungi dalam sistem klasifikasi 5 kingdom yaitu … .
  17. Ciri kingdom Protista dalam sistem klasifikasi 6 kingdom menurut Woese yaitu … .
  18. Ciri kingdom Fungi dalam sistem klasifikasi 6 kingdom menurut Thomas Caviler-Smith yatu … .
  19. Ciri kingdom Eubacteria dalam sistem klasifikasi 6 kingdom menurut Woese yaitu … .
  20. Ciri kingdom Archaebacteria dalam sistem klasifikasi 6 kingdom menurut Woese yaitu … .

B.     Jawablah soal-soal berikut ini !
  1. Sebutkan urutan klasifikasi mahkluk hidup dari tingkat tertinggi ke tinggat terendah yang sekarang dipakai ?
  2. Jelaskan tata nama ilmiah menurut Carolus Linnaeus ?
  3. Bagaimana cara Carolus Linnaeus mengklasifikasikan mahkluk hidup !
  4. Tuliskan perbedaan klasifikasi 6 kingdom menurut Woese dan Thomas Caviler-Smith !


Kompetensi Dasar
01.06. Menganalisis hubungan timbal balik antara lingkungan dengan mikroba

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

1.       Apa perbedaan thermal death point dan thermal death time ? (skor : 2)
2.       Apa perbedaan mikorba euritermik dan mikroba stenotermik dengan contohnya ? (skor : 2)
3.       Buatlah grafik klasifikasi mikroba berdasarkan suhu ! (sumbu X : suhu; sumbu Y : kecepatan pertumbuhan) (skor : 3)
4.       Mengapa bakteri termofil menyulitkan pengawetan makanan dengan cara  pasteurisasi ? (skor : 2)
5.       Mengapa bakteri psikrofil menyulitkan pengawetan makanan dengan perlakuan suhu rendah ? (skor : 2)
6.       Apa  akibat perubahan tegangan muka media terhadap  pertumbuhan mikroba ? (skor : 2)
7.       Sebutkan 3 macam zat yang dapat menurunkan tegangan muka media ! (skor : 3)
8.       Suatu media dimasukkan ke dalam picnometer ukuran 10 ml ternyata memiliki massa 15,046 gram; sedangkan massa picnometer kosong hanyalah 11,417 gram. Jika media tersebut dituangkan dalam sebuah tabung sumbat ulir dengan diameter 1 cm dan ke dalamnya dimasukkan pipa kapiler berdiameter ½ cm dengan tinggi 10 cm, maka cairan di dalam pipa kapiler akan turun sebesar 2 cm dengan meniskus berbentuk cekung dan membentuk sudut 60o. Berapakah besarnya tegangan muka media tersebut ! (skor : 10)
9.       Sebutkan macam-macam sinar yang dapat membunuh mikroba ! (skor : 3)
10.    Sebutkan penggunaan penyinaran terhadap mikroba dalam kehidupan sehari-hari ! (skor : 2)
11.    Mengapa mikroba yang terkena aliran listrik dapat mati ? (skor : 2)
12.    Apa perbedaan plasmolisis dan plasmoptisis ? Jelaskan dengan gambar ! (skor : 4)
13.    Sebutkan contoh media yang dapat menyebabkan plasmolisis ! (skor : 2)
14.    Sebutkan contoh media yang dapat menyebabkan plasmoptisis ! (skor : 2)
15.    Sebutkan macma-macam mikroba berdasarkan kemampuannya menanggapi tekanan osmotik dengan contohnya ! (skor : 2)
16.    Mengapa batas pH untuk pertumbuhan mikroba sama dengan batas pH untuk kegiatan enzimatik ? (skor : 2)
17.    Jelaskan pembagian mikroba berdasarkan pH optimum untuk pertumbuhannya ! (skor : 2)
18.    Apakah daya oligodimanik itu ? (skor : 2)
19.    Sebutkan zat-zat yang memiliki daya oligodinamik ! (skor : 2)
20.    Mengapa logam berat dapat membunuh mikroba ? (skor : 2)
21.    Sebutkan zat-zat warna yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif ! (skor : 2)
22.    Sebutkan contoh penggunaan pengaruh zat warna terhadap pertumbuhan mikroba dalam kehidupan sehari-hari ! (skor : 2)
23.    Bakteri jenis apa yang akan terhambar pertumbuhannya dalam media BGLBB ? mengapa demikian ?
24.    Bakteri jenis apa yang akan terhambat pertumbuhannya dalam media EMB ? mengapa demikian ? (skor : 2)
25.    Bakteri jenis apa yang akan terhambar pertumbuhannya dalam media VRB ? mengapa demikian ? (skor : 2)
26.    Apa perbedaan zat antibiotik, zat antiseptik dan zat desinfektan ? (skor : 3)
27.    Sebutkan contoh-contoh zat antibiotik, zat antiseptik dan zat desinfektan ! (skor : 3)
28.    Apakah koefisien fenol itu ? (skor : 2)
29.    Mikroba apa yang digunakan untuk menentukan khasiat suatu desinfektan ? (skor : 2)
30.    Sebutkan contoh mikroba yang tidak menampakkan perbedaan pengaruh zat antiseptik dan desinfektan ! (skor : 2)
31.    Berilah tanda :
+ : mendapat keuntungan  - : mengalami kerugian       O : tidak berpengaruh
pada tabel berikut ini yang mencerminkan akibat dari berbagai jenis simbiosis (hidup bersama) apabila hidup terpisah dan hidup bersama antara mahkluk hidup A dan B !

NO.
JENIS SIMBIOSIS
AKIBAT YANG DIALAMI
KETERANGAN
HIDUP TERPISAH
HIDUP BERSAMA
A
B
A
B
1.
Netralisme





2.
Kompetisi




B kalah
3.
Antagonisme / antibiosis / amensalisme




B tak menghasilkan antibiotik
4.
Komensalisme / metabiosis




A : hospes
B : komensal
5.
Mutualisme





6.
Sinergisme





7.
Parasitisme




A : hospes ; B : parasit
8.
Predatorisme




A : mangsa ; B : predator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar